Rabu, 23 Juni 2010

Tips Anak yang susah ditinggal pergi

Wah dah lama ya ga update ini blog.. hehe lagi repot banget nih akhir2 ini. Dah tebal nih debunya, hihi. Belum lama ini ada temanku yang curhat kalo anaknya kadang rewel bahkan nangis saat bundanya mau berangkat kerja. Dia tanya apa aku juga begitu, aku jawab ngga tuh, shishil ga rewel sama sekali, malah dadah dadah plus kissbye segala, hehe. Temanku itu kaget banget, koq bisa??? Aku jawab ya bisa donk, tergantung kitanya bersikap.

Nah, menjawab pertanyaan teman tersebut, maka aku posting disini. Jauh-jauh hari sebelum cutiku habis, aku dah sering bilang ke shishil kalo nanti bundanya ini kerja, shishil dirumah sama mba yati (pengasuhnya), shishil ga boleh nakal, ga boleh rewel, asip nya diminum, bobonya ga boleh susah, ga boleh ngerepotin mba yati, sorenya bunda pulang, nanti shishil boleh nenen lagi sepuasnya, hehe.. (ga tau deh dia ngerti apa ngga :P)

Beberapa hari sebelum masuk kerja lagi, kata2 itu makin sering bunda ucapkan, dengan harapan tertanam di otaknya dan nanti ketika sudah besar dia akan paham dengan sendirinya. Ketika hari H tiba, bunda deg-degan banget, khawatir shishil bakal rewel seharian. Sebelum berangkat bunda ulang berkali2, dan dengan mengucap Bismillah bunda pun berangkat. Ketika siangnya bunda telp mba yati, alhamdulillah shishil ga rewel sama sekali, tidur pun lumayan gampang, asip disedot dengan lahap. Bunda bersyukur banget ternyata berhasil.

Bahkan kalo shishil tidur saat bunda mo kerja pun tetap bunda bisikkan di telinganya, kalo bunda mo berangkat kerja.. bla.. bla.. dan.. sampai sekarang hal itu terus berlangsung. Ketika shishil sudah bisa salim (cium tangan), dadah N kissbye maka itu menjadi ritual rutin setiap hari. Dan biasanya begitu bunda sampe dirumah lagi maka shishil akan langsung menyambut bunda dg gembira dan nunjuk2 ke baju bunda (minta nenen, hehe).

Ada kalanya sih shishil susah ditinggal, terutama saat lagi sakit, maka bunda luangkan waktu lebih lama untuk dia bermanja2 (walaupun jd telat tiba dikantor :p) tapi demi anak hehe. Atau bunda ajak dia main yang dia senangi, baru bunda tinggal. Yah pokoknya pintar2 bundanya bersiasat. ^_^

Cuma itu aja yg bunda lakukan tiap harinya. Dan ternyata pagi ini Tabloid Mom&Kiddie pun memberikan tips yang sama seperti yang bunda lakukan. Berikut tipsnya :

- Jangan bohong tentang tujuan pergi.
- Harus selalu ada ritual perpisahan, spt cium tangan, melambaikan tangan. Jangan sesekali pergi diam-diam tanpa sepengetahuan anak. Jika tdk,maka anak TIDAK akan percaya lagi kpd Anda.
- Tepati janji kapan Moms akan kembali lagi ke rumah.
- Jika anak masih rewel,luangkan waktu beberapa menit melakukan aktivitas yang disenangi.

10 komentar:

ibunyachusaeri mengatakan...

Wah tipsnya bermanfaat banget... makasih Bunda ^_^

NoRLaNd mengatakan...

memang pada kenyataannya anak seusia shisil pasti sulit untuk ditinggal..
tapi sepertinnya, tips ini sangat bermanfaat.. terima kasih atas info ny =)

aishi lely mengatakan...

iyah betul tuh..kakakku juga selalu pamit ma ke 3 anaknya..jadi sudah erbiasa juga, pengasuhnya seneng krn pd g rewel hehehe
kerja apa niH ^^

Herien Kriestia mengatakan...

@ ibunya chusaeri : makasih mom.. semoga bermanfaat ya..

@ Norland : iya betul, shishil kadang suka susah ditinggal kerja, terutama saat lg kurang sehat, tp selain itu its oke.. ^_^ makasih kunjungannya..

@ aishi lely : hai lely, iya tuh betul banget. Ga boleh bohongin anak, krn dia akan menganggap hal itu di perbolehkan, syukurlah kalo keponakan lely ga rewel saat ditinggal, sama spt shishil.. makasih kunjungannya ya.. maaf blm sempat kunjungan balik, msh repot nih, ada anggota keluarga baru dirumah ortuku.. ^_^

Kiky mengatakan...

wah thanks yah bun tips nya..bermanfaat bgt neh,emang juga jadang azam agak rewel kalo ortunya mau pergi kerja jadi mesti ngumpet2 dulu deh..

Vera mengatakan...

waaaaa....ini pengalamanku sama anak pertama. Mgkn karena aku dulu susah punya anak, begitu punya anak jd terlalu protektif, dipegang pembantu aja ga boleh..akhirnya anakku lengketnya ma aku terussss sampe umur 2 th aku ga bisa kluar rumah ninggalin dia padaal cuma ke depan doang ambil duit hahaha....akhirnya aku mencoba "ikhlas" klo ninggalin dia keluar, lama2 bisa juga ditinggal. Jd klo si ibunya ga ikhlas pergi, mnrtku si anak juga suka rewel

Lina Sukadi mengatakan...

tipsnya menarik, bisa buat referensi saya... sekarang Azka masih 6 bulan, jadi masih lengket trs sama ibunya... :D

Zulfadhli's Family mengatakan...

Waaahhhh, Zahia juga termasuk anak yang lengket pisan sama Bundanya. Belom pernah tuh ditinggal2, ngintil mulu :-)

salam mengatakan...

Kalo d pamitin ttp ga mau, bahkan dah mainan beberapa jam msh bunda nya ga boleh brgkat gmn?

salam mengatakan...

Kalo d pamitin ttp ga mau, bahkan dah mainan beberapa jam msh bunda nya ga boleh brgkat gmn?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...