Selasa, 25 Mei 2010

Cara Mengatasi Gangguan Tidur pada Bayi


Bayi dan Anak Juga Dapat Mengalami Gangguan Tidur?

Ya, bayi dan anak juga dapat mengalami gangguan tidur. Dan Masalah tidur pada anak-anak lebih mudah untuk dicegah daripada diobati. Tapi bila hal tersebut sudah terjadi pada anak anda, jangan kuatir, penanganan masalah ini adalah dengan kesabaran dan ketekunan.

Apakah anak anda mengalami gangguan tidur?

Mengetahui apakah anak anda mengalami gangguan tidur? Sebelumnya kita perlu mengetahui bahwa lamanya waktu tidur tergantung dari usia bayi atau anak anda. Seorang bayi yang baru lahir sampai kurang lebih usia 3 bulan akan memerlukan waktu untuk tidur hampir seharian (> 20 jam/hari). Anak-anak akan memerlukan waktu untuk tidur selama 8-14 jam tergantung dari usia anak tersebut. Tapi tentu saja hal ini berbeda-beda tergantung juga dari anak yang bersangkutan

Anda sebaiknya mulai melihat bahwa bayi anda mempunyai masalah tidur, bila bayi anda:

– Terbangun hampir setiap malam;
– Mempunyai jam tidur yang hampir sama dengan anda;
– Tidur terus pada siang hari ;
– Atau mempunyai temperamen yang buruk karena kurang tidur pada malam harinya.

Jadi apakah bayi atau anak anda mempunyai gejala diatas----jangan berkecil hati selalu ada jalan mengatasi semuanya.

Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?

Yang pertama adalah periksakan bayi anda ke dokter untuk memastikan tidak adanya kelainan medis yang membuat bayi anda tidak dapat tidur.

Setelah kita sudah menyingkirkan bahwa tidak ada kelainan secara medis pada bayi anda, maka hal terpenting yang anda harus lakukan adalah menciptakan waktu rutin tidur yang baik yang dimulai sejak bayi kecil. Dan ini memerlukan kesabaran dan ketekunan anda.


Dibawah ini terdapat beberapa petunjuk untuk menciptakan waktu tidur yang baik bagi bayi anda;

* Berusahalah menidurkan bayi anda pada jam yang kurang lebih sama setiap malam, hal ini akan menciptakan kebiasaan waktu rutin tidur yang baik buat bayi anda, mulailah sejak bayi kecil.

* Jangan membangunkan bayi anda hanya untuk ditimang-timang dan dikagumi orang.

* Bedakan antara tidur dan tidak tidur, sehingga bayi akan belajar bahwa tidak tidur berarti makan, bermain, dan ditemani; dan tidur berarti tidur. Jadi pastikan bahwa ia tidak tidur selagi makan. Dan buatlah aturan jam makan yang teratur untuk bayi.

* Tidurkan bayi pada ruangan yang cukup hangat dan tenang, jangan membiasakan bayi anda tertidur setiap malam, diruangan tamu, dengan televisi dan ditemani; diayun-ayun atau selalu tertidur dipangkuan anda, sebab sewaktu ia terbangun ditengah malam dan tidak mendapati rutin tidur yang ia kenal, ia akan sulit untuk tidur kembali.

* Sesudah menidurkan bayi anda, bukalah pintu kamar sedikit sehingga bayi dapat mendengar bunyi-bunyi dirumah dan tidak merasa sendirian dan terasing.

* Jika bayi anda menangis,pergilah kepadanya cepat-cepat, tetapi ingat jangan langsung mengendongnya kecuali kalau ada yang tidak beres atau memang sudah waktu untuk makan. Karena jika anda membiarkan bayi anda menangis, ia menjadi ketakutan bahwa anda tidak berada disisinya dan menjadi lebih tertekan, tetapi jika anda langsung mengendongnya maka ia akan belajar bahwa menangis berarti digendong.

* Berikan sesuatu untuk digunakan pada waktu tidur dan menjadi sesuatu untuk diasosiasikan dengan tidur, berikan barang yang dapat diganti karena kalau tidak, bila ia kehilangan barang itu, ia tidak dapat tidur. Misalnya selimut, kaos atau popokyang tipis dsb.

* Jadi ciptakanlah waktu tidur yang rutin dan meletakan bayi anda ditempat tidur sewaktu ia belum tidur, dengan mainan kesayangan jika ada, sehingga ia akan mengasosiasikan tidur dengan tempat tidur, dalam ruangan tersebut, dengan mainan tsb, dan belajar untuk tidur sendiri. Jadi apabila ia terbangun pada tengah malam, segala yang ia asosiasikan dengan tidur ada disana, dan ia akan tidur kembali.

Bayi datang ke dunia ini tanpa gambaran seperti apakah dunia ini, oleh karenanya lebih mudah bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan cara anda daripada anda menyesuaikan diri dengannya.

Dr. Suririnah
untuk di web,untuk di web,untuk di web

6 komentar:

Desy Noer mengatakan...

Wah.. Thanks tips nya yah.. Lam kenal.

Blog Keluarga mengatakan...

Assalamualaikum, link sudah saya pasang ya??? terima kasih sudah berkunjung.

Info yang bermanfaat. Hanya ingin menambahkan. Setiap orang tua harus mengerti jumlah jam tidur anak pada setiap perkembangan dan kondisi anak. Perubahan jam tidur anak akan berbeda pada setiap anaknya. Orang tua yang harus memperhatikan.

Zulfadhli's Family mengatakan...

Alhamdulillah Zahia ga ada kesulitan tidur. Kalo makan mah iya hehehe

Susindra mengatakan...

Salam kenal. Tukeran link, yuk? Blogku masih baru, lom ada 1 bulan.
TFS, ya ... ku memang agak kesulitan mengatur bobo malamnya Binbin.

Vicky Laurentina mengatakan...

Hm..agak nggak ngerti saya. Jadi bayi yang menangis jangan buru-buru digendong, gitu? Lha mesti diapain dong supaya dia tenang? Saya lihat bayi nangis suka nggak tegaan, takut waktu gedenya jadi nggak merasa aman sama dirinya sendiri, gitu lho.

Herien Kriestia mengatakan...

mba desy noer>>> salam kenal juga mba..

blog keluarga>>> salam kenal.. betul, jam tidur tiap anak berbeda sesuai perkembangannya. Makin besar dia, maka makin berkurang jam tidurnya..

bunda susan>>> wah sama donk bun, shishil jg kadang makannya susyah banget, tp alhamdulillah ga jarang yg gampang banget..

Susindra>>> salam kenal.. boleh tukeran link.. nanti aku pasang ya..

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...