Rabu, 29 Oktober 2014

Review Faris 1 Month

Hari ini mo review perkembangan dede Faris ahh, walopun telat karna hari ini Faris udah berumur 2 bulan 23 hari hehe. Gak apa-apa deh yaa daripada keburu lupa :D

Jadi waktu lahir itu kan BB nya Faris udah 4,3 kg, sempet turun tapi gak tahu persisnya berapa. Soalnya liat dari mukanya yang awalnya tembem banget jd menciut hehe. Tapi seminggu setelah lahir tepatnya tanggal 14 Agustus, pas jadwal kontrol buat Faris (sekalian imunisasi) dan bundanya, Alhamdulillah banget BB nya udah kembali ke BB waktu lahir loh malah naik biarpun dikiittt hehehe. Yang awalnya 4348 kg naik jadi 4500 kg, panjangnya yg awalnya 54 cm naik jadi 55 cm.

Nah perkembangannya Faris mulai dari 1 minggu setelah lahir sampai 1 bulan :
  • Dari mulai usia 1 minggu, tiap disendawain abis mimik ASI pasti dia udah mulai angkat-angkat kepala. Alhamdulillah ASI-nya bunda udah keluar sejak 1 hari setelah Faris lahir, jadi Faris dapat kolostrum bunda yang akan melindungi pencernaannya seumur hidupnya. Walopun masih sedikit tapi Faris tetap bisa nyusu, baru deh dihari ke 3 mulai melimpah dan sering merembes kalo gak di mimik Faris. Mulai juga deh dilema newmom yaitu PD lecet, sempet berdarah juga (sampe tiap pertama nenenin bunda musti gigit baju biar sakitnya gak begitu terasa hiks) tapi setelah pelekatannya diperbaiki sambil terus dinenenin akhirnya sembuh dengan sendirinya.
  • Udah bisa ngikutin gerakan entah itu benda atau kita sendiri dengan matanya, dari yang awalnya lambat (malah sering ketinggalan) jadi makin cepat.
  • Mulai keluar juga suaranya, walopun kadang masih keliatan untuk ngeluarin suara itu dia harus susah payah dulu hehe.
  • Mulai merespon dengan senyum tiap ada yang lihat ke arah dia.
  • Tiap nangis suaranya langsung kencang, asli kayak orang lagi dianiaya gitu, hiks. Gak jarang sampe habis suaranya. Duh.. apa kata orang ya kalo denger tangisnya Faris yang kayak gitu, soalnya kakanya waktu bayi gak begitu.
  • Bunda sama ayahnya cuma begadang di 2 malam pertama pulang dari RS aja, karna tidurnya yang masih tiap 1 jam sekali bangun buat nenen. Tapi di malam ke 3 dan seterusnya meningkat jadi 4 jam baru bangun buat nyusu, alhamdulillah ayah bundanya jd enak tidurnya.
  • Walopun malem tidurnya lumayan panjang, Faris ini kalo tidur di siang hari sebentar-sebentar bangun, hiks. Yang tadinya kebangun karna pipis akhirnya bisa jadi 1 jam lebih meleknya, karna dia senang kalo diajak bercanda plus ngobrol; waktu itu ayahnya masih cuti jd ada ayah yang nemenin ngobrol, jadilah kerjaan bunda gak selesai-selesai  pas cuti ayah udah selesai hiks. Kata orang sih memang gitu, kalo bayi tidur malemnya lelap, tidur siangnya kurang lelap, sebentar-bentar bangun.
  • Faris kalo mimik ASI tuh kadang belum kenyang udah ketiduran, jadinya gak lama pasti bangun lagi nyari nenen. Tapi ya gitu, ketiduran lagi, bangun nyari nenen lagi, dan seterusnya.
  • Dari pertama dirumah Faris memang dijemur tiap pagi tapi cuma sebentar, paling cuma 15 menit. Alhasil seminggu setelah lahir mulai kelihatan kuning mukanya apalagi di dahi. Mata sama langit-langit mulut juga agak kuning. Jadilah waktu berjemur ditambah, dari yang 15 menit meningkat ke 30 menit malah gak jarang 1 jam. Mulai gelaplah kulit anak bunda ini hehehe. Tapi kuningnya akhirnya benar-benar hilang, alhamdulillah bisa hilang dengan hanya dijemur aja.
  • Tali pusat Faris puput di hari ke 5 setelah lahir, sama kayak kakanya. Lepas dengan sendirinya. Sebelum lepas bunda gak berani mandiin, nekad lah si ayah buat mandiin Faris (daripada gak mandi, kasian kata ayah hihi). Setelah lepas sampe sekarang bunda terus yang mandiin :)
  • Seperti kakanya dulu, gak ada yang berani guntingin kukunya Faris. Baik itu ayah, mbah uti atau yang lain. Jadilah bunda yang nekad buat motong kukunya, biar bisa dilepas sarung tangannya. Kira-kira usia 2 minggu, biar Faris bisa bereksplorasi dengan tangannya.
  • Tanggal 14 Sept imunisasi BCG (imunisasinya di paha atas sebelah kiri) plus nimbang, beratnya udah 5,3 kg. Naik sekitar 1 kg dari berat lahir, panjangnya udah 60 cm.

  

8 komentar:

Ummi Ita mengatakan...

Allahumma Bariklahu...
semoga sehat selalu yaaa faris.
gede juga ya mbak pas lahirnya :)

salam kenal ^_^

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

gantengnya dede faris

Elsa mengatakan...

WHAT? lahirnya 4 kilo lebih? subhanalloooh besarnyaaa
hehehehee

semoga Faris sehat selalu yaaa

Gunung Semeru mengatakan...

Lahirnya sesar apa normal gan ???

Gunung Semeru
Gunung Rinjani
Gunung Gede
Gunung Di Jawa Tengah
Gunung Tertinggi Dunia

Cara Menghilangkan Karang Gigi mengatakan...

Dedek emeshhh :*

* Beberapa tips kesehatan penting bagi tubuh anda:
- Cara Menurunkan Berat Badan
- Cara Meninggikan Badan
- Cara Mengatasi Rambut Rontok
- Cara Mengatasi Keputihan
- Cara Berhenti Merokok
- Cara Menghilangkan Bau Kaki
- Cara Menghilangkan Panu
- Cara Menghilangkan Karang Gigi
- Cara Menurunkan Kolesterol
- Cara Mengatasi Insomnia

Hipnoterapi Semarang mengatakan...

Salam kenal
Hipnotis Jogja

Internet Marketing mengatakan...

Semoga sehat selalu babynya yang masih kecil
Internet Marketing Jogja

DIJA mengatakan...

yaaa ampuuuuuunnnn lucunyaaaaaa

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...