Senin, 11 Januari 2010

Penculikan bayi di Puskesmas Kembangan

Waktu liat tv kemarin, bunda benar2 kaget, ada berita tentang bayi yang diculik setelah 1 jam dilahirkan. Bayi yang dilahirkan di Puskesmas Pembina Kembangan itu diculik oleh seorang ibu yang menyamar menjadi perawat. Ibu itu beralasan membawa bayi tersebut akan diimunisasi dan cek darah, tapi setelah 1 jam ditunggu ternyata ibu dan bayi kecil itu sudah raib.

Hufffhhhh.. Ya Robb.. berat sekali cobaan untuk ibu Murtanti, sudah bersimbah darah saat melahirkan, kini harus bersimbah airmata pula karna bayinya lenyap. Lindungilah bayi malang itu Ya Robb.. kasian sekali jika tidak diketemukan, bisa2 bayi kecil itu tidak kenal siapa orangtuanya. Ya Rahman.. mohon limpahkan kasih sayangmu pada keluarga itu Ya Rahim..

Aku juga ga tega dengan orang2 di Puskes Kembangan tersebut yang tidak tahu menahu tapi jadi tersangkut masalah karna kasus tersebut. Contohnya aja bidan dan perawat disana yang sudah lelah membantu, tapi sekarang jadi sorotan media massa, padahal kan bisa jadi perawat dan bidan itu memang tidak tahu apa2 soal kasus itu terlebih setelah proses melahirkan selesai. Ya Allah mohon berikan kesabaran untuk para pahlawan itu (bidan dan perawat) yang telah membantu tiap wanita didunia ini untuk menyempurnakan kewanitaan mereka (melahirkan).

Ehmm.. jadi ingat waktu bunda melahirkan shishil dulu yang kebetulan di Puskesmas Kembangan juga. Seingat bunda para bidan, perawat dan staff disana sangat ramah, baik, sabar dan tidak segan menolong apapun kesulitan bunda; pokoknya suasananya sangat kekeluargaan dan akrab sekali. Padahal bunda dari dulu anti kalo dah berhubungan dengan dokter, suster, obat, infus dan istilah medis lainnya (mungkin memang karna dah sering masuk Rumah Sakit).

Setengah jam setelah melahirkan shishil, bunda langsung dilarikan ke RS. Bhakti Asih di Ciledug karna bunda mengalami perdarahan akibat post partum. Saat itu shishil hanya ditemani mbah uti prepedan. Selama kurang lebih 9 jam bunda, ayah dan mbah uti cikupa di RS, shishil benar2 dirawat dengan baik, dimandikan, diimunisasi, cek darah, dipindahkan ke kamar VIP, dijenguk tiap menit, dikontrol selalu, yah pokoknya pelayanan nomor satu lah yang didapat shishil (mungkin juga karna tahu ibunya ga ada ditempat).

Nah setelah bunda balik ke Puskesmas lagi, bidan dan perawat pun masih sering bolak balik untuk kontrol bunda maupun shishil. Malah waktu bunda takut untuk ganti pembalut yang pertama kalinya (takut kena jahitan yang super banyak), mba yati (karyawan Puskesmas) dengan senang hati membantu tanpa menunjukkan wajah geli atau jijik sedikitpun. Juga urusan makan dan minum yang benar2 diperhatikan dengan baik, tapi karna nafsu makan bunda belum pulih jadilah kulkas diruang VIP itu penuh. Keluarga yang datang menjenguk pun diterima dengan baik dan super ramah. Perhatian kecil seperti itu mungkin ga akan bunda dapatkan kalo bunda melahirkan ditempat lain.

Bunda mengatakan hal ini bukan karna Puskesmas Kembangan sedang jadi sorotan media massa saat ini, bukan karna itu. Tapi karna memang bunda merasa seperti berada dirumah sendiri saat berada disana. Malah saat bunda kembali kesana lagi untuk KB, penerimaan mereka tidak berubah sedikitpun, tetap hangat seperti dulu. Fiuuhh.. berikan kesabaran ekstra untuk para staff Puskesmas Kembangan yang sedang diuji saat ini. Karna sungguh aku yakin kasus penculikan itu dilakukan oleh oknum diluar Puskesmas Kembangan yang sudah profesional. Buktinya orang tersebut sudah tau jam besuk pasien dan begitu bayi didapat sudah langsung dijemput oleh sepeda motor yang memang sudah menunggu diluar Puskesmas.

Mudah2an aja kasus ini segera terungkap, agar bayi malang tersebut dapat segera berkumpul dengan keluarganya. Ga bisa bayangin deh kalo nantinya bayi itu ga kenal dengan orangtuanya, bagaimana ya nasibnya nanti, terawat dengan baik ga ya? Mudah2an juga penculik itu (diduga sindikat) segera tertangkap dan dapat dihukum dengan hukuman yang seberat2nya. Agar tak ada yang berani lagi melakukan perbuatan itu. Amin.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...