Senin, 10 Januari 2011

Sup Macaroni Bola Tahu

Hari minggu kemarin bunda buat 'Sup Macaroni Bola Tahu' untuk shishil. Alhamdulillah shishil suka, malah waktu supnya belum matang pun dia sudah ribut bilang 'mamam.. mamam..'. Sayangnya bola tahunya cuma sedikit aja yang dimakannya, padahal menurut aybun bola tahu itu yang paling enak, hahaha... Ini dia penampakan sup macaroni bola tahunya berikut makhluk yang udah ga sabar mo makan padahal supnya mo difoto dulu sama bunda, hihi.

Digital Scrapbooking at WiddlyTinks.com


Ini dia resep sup macaroni bola tahunya :

BAHAN:
50 gram makaroni, cuci
1 buah tahu takwa (300 gram), haluskan
1 butir telur
1 batang wortel potong panjang
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
1 tangkai daun seledri, potong
Minyak untuk menggoreng

KUAH:
1 liter air
3 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir

CARA MEMBUAT:
1. Bola tahu: campur tahu bersama bawang putih halus, telur, merica, dan garam, aduk rata. Buat bulatan sebesar kelereng, sisihkan.
2. Panaskan minyak, goreng tahu hingga kekuningan, angkat, tiriskan.
3. Rebus air, masukkan wortel, bawang putih, kaldu bubuk, merica, gula pasir, dan garam, masak hingga mendidih. Tambahkan makaroni, terakhir masukkan bola tahu, angkat.
4. Sajikan selagi panas dan taburi daun seledri.

nb. Kalo ga mau pake kaldu bubuk, bisa ganti dengan kaldu ayam asli, pasti rasanya lebih enak. Kalo kemarin bunda lagi coba kaldu non MSG yang baru dibeli, hehehe. Harusnya sup ini ditambah sayuran yang lain, seperti brokoli / buncis, tapi berhubung stock sayuran dikulkas sudah habis, jadi seadanya aja :)

13 komentar:

Inda Bunda Farrel mengatakan...

hmmn.. enaknya.. pantes aja shishil ga sabar minta mamam.
Kl aku yg agak syusah tuh nyampur garam di tahu bun, ga pernah pas. Seringnya keasinan.. hehe..

lidya mengatakan...

sedap dan tentu saja sehat ya. apalagi untuk anak2 pasti enak

windflowers mengatakan...

bundaaaa...aku jg mau dong...bagi ya sm shishil..makan bareng..heheh..:D

Hani mengatakan...

Mbak....
Apa kabar??
Lama yah Hani tak bertandang, eh disuguhin sop enak...kayaknya enak dimakan pas hujan-hujan tuh....wuih....kapan dunk Hani diundang buat makan supnya :D

Shohibul K.U.C.B mengatakan...

Sahabat tercinta,
Dengan hormat diberitahukan bahwa berhubung BlogCamp saat ini sedang dalam proses pemulihan maka pagelaran Kontes Unggulan Cermin Berhikmah (K.U.C.B) dipindahkan ke New BlogCamp.
Bagi yang sudah mendaftar di BlogCamp dan yang belum mendaftar silahkan mengunjungi
http://newblogcamp.com/kontes/kontes-unggulan-cermin-berhikmah
Terima kasih
Salam hangat dari Surabaya

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Wew, supnya sodap nian, hehe...

Btw, bund,info dunks kaldu non MSG tu yg merknya apa yah?

IbuDzakyFai mengatakan...

mmm..ngiler...pengen cona juga ah..enak ya shishil sup....bikinan bunda..he he pastinya enak donk ya.

Herien Kriestia mengatakan...

@ Bunda Inda : hehehe aku juga cuma kira2 aja bun, makanya tumben gitu kemarin ga keasinan, hehehe... biasanya mah jangan ditanya... :D

@ lidya : yups, betul mba lidya, shishil sampe nambah supnya.

@ tante diana : hayukk tante, makan bareng sm shishil, nanti disuapin deh sm shishil, dia kan hobby nya nyuapin orang

@ hany : hai cinta, kemana aja nih baru mampir, mau supnya?? hayukkk kerumah, nanti dimasakin. Tapi tiket pesawat ga ditanggung loh ya, hehehe

Herien Kriestia mengatakan...

@ pakdhe cholik : makasih undangannya dhe. iya nih mo ikutan, sabar ya dhe, lagi diolah nih naskahnya, hehehe

@ mama raja : sodap apa sedap nih mam?? hehehe... kaldunya merk Alsultan (maaf yah sebut merk, ga apa2 kali yah)

@ ibu dzakyfai : hayukk bu dicoba, semoga anak2 suka. Shishil aja mpe nambah, hehehe

yuniarinukti mengatakan...

Mampir pagi disuguhi makanan sama Bunda, jadi lapar nih, belum sarapan pulaa.....

Shishil, makan yang lahap ya Dek... :)

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Wah...
resep nya okeh juga nih Bun...
selama ini daku sangat tidak kreatip...

tahu dibejek bejek campur ke telor dadar...

makaroni direbus..campur juga ke telor dada...hihihi...

gak kepikiran dibikin sop...
eh...tapi tahunya dimasukin sayur gak jadi ancur kan?

Herien Kriestia mengatakan...

@ yuniarinukti : haii.. salam kenal tante... dek shishil alhamdulillah makannya masih lahap hap hap. Tante mau?? hayukk shishil suapin, hehehe

@ bibi titi teliti : ini juga hasil broawsing internet mba, tapi dengan beberapa modifikasi hehehe... tahunya ga hancur mba, kan di goreng dulu

martadewa mengatakan...

memang enak tuh bola-bola tahu. tapi kalo bikin ini selalu ga bisa bulat, kenapa ya? nggorengnya gimana caranya sih bunda shisil?

btw, kalo bikin ini, pasti deh ayah dan alfis harus dipisah tahu dan kuahnya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...