Kamis, 25 November 2010

Shishil 19 bulan

Hari ini putri kecilnya ayah dan bunda genap berusia 19 bulan, semakin dekat ke 2 tahun. Alhamdulillah sejauh ini perkembangannya bagus, walau (mungkin) agak telat bicara tapi alhamdulillah dah makin banyak kosakata yang bisa diucapkannya. Juga ngerti banget dengan semua ucapan ayah dan bunda, cuma mungkin mo menjawabnya yang agak susah, hehe. Ini dia perkembangan shishil di 19 bulannya :

- Makin banyak kosakata yang sudah bisa diucapkan walau masih agak cadel, mis. jatoh (jatuh), neneh (nenen), aget (kaget), dadah, cucu (susu), aa/kaka (utk yang lebih besar dari shisil), dedek (utk yang lebih kecil), ee (pup (maaf)), didi (minta setel CD)

- Bisa menirukan beberapa suara hewan, seperti eeoong (suara kucing), ukk ukk (suara gukguk), mbeee (suara kambing), hap (utk cicak; ikut lagu cicak di dinding, tapi yang bisa diucapkannya hanya 'hap' nya aja). Kalo ditanya suara singa, maka jawabannya adalah mangap (karna gambar singa di poster hewan2 punya shishil, singanya sedang mangap, hehe)

- Lagi hobby banget makan dan ngemil, apa aja dimakan (hobby, lapar apa emang rakus nih, hehe). Minta bukain kulkas terus utk diliat2 isinya, kalo ada yg dimauin langsung deh diambil. liat bunda / ayah makan apa, juga pasti langsung diminta. Makanya ga heran tambah berattt banget digendong (jangan tertipu oleh perawakannya yg langsing loh ya, biarpun keliatannya kecil, tapi shishil ini tinggi loh utk anak seusianya dan digendong jg berat. Makanya bunda ga pernah ambil pusing kalo ada yg bilang koq shishil kecil ya sekarang, dan bunda yakin yg bilang spt itu pun blm tentu kuat gendong shishil 1/2 jam, lawong aybun aja gendong 15 menitan aja dah KO kalo ga pake gendongan)

- Sudah bisa pakai sandal sendiri, walopun kadang masih kebalik kanan kirinya (PR bunda nih)

- Sudah bisa disuruh sekarang (bundanya yg girang). Mis. ngambilin remote TV / VCD, ngambilin minyak kayu putih, ngambilin gendongan (kalo mo keluar rumah), ngambilin kerudung bunda (kalo dia ngajakin keluar pasti langsung ngambil kerudung bunda), pokoknya tiap disuruh dah tau benda mana yg dimaksud. Tapi bunda ga asal suruh loh ya, tentunya diawali dg kata 'tolong' dan 'terima kasih' sesudahnya.

- Lagi senang main petak umpet, sekali ngumpet ga mau diajak udahan. Pasti terus2an nutup mukanya pake kain / kasur lantai (berat banget ya pake kasur lantai, hehe)

Photo Albums at WiddlyTinks.com


- Sudah bisa mengingat kembali dimana dia menaruh barang2, mis. waktu ayah bunda pusing nyariin kunci motor, ehhh shishil tiba2 ke kasur dan ambilin kuncinya (yang dibuat mainan sama dia), juga kalo misal mo pergi dia langsung deh ambil jaket + gendongan + sepatu dikamar (good girl). Dan masih banyak lg barang2 yang disimpan shishil, entah itu di bawah jok mobil mainannya, di box mainan shishil, di lemari baju (yg tempat sebenarnya bukan disitu).

- Bikin bundanya keringatan kalo lagi dipakaikan baju tiap habis mandi, karna pasti dia lari kesana kemari. jadi perlu tenaga ekstra utk ngejarnya, hehehe

- Tambah ga bisa diam sekarang, tiap liat pintu depan kebuka, pasti langsung lari keluar. Ya memang cuma diteras rumah sih, ga pernah lebih dr itu (karna ga pake sandal), tapi kalo dah dipakaikan sandal, wusss langsung deh lari ke TK (depan rumah ada TK).

- Rajin membantu apa aja yang ayah bunda lagi kerjain saat itu, termasuk pegang2 kompor gas saat ayah/bunda lagi masak, yg akhirnya bikin ayah bunda teriak panik (takut kena cipratan minyak panas).

- Senang banget ngacak2 lemari pakaian, dan bikin lipatan pakaian yg sudah rapi jadi berantakan lagi. Tapi shishil bertanggung jawab sih, dimasukin lagi ke lemari, walaupun malah jadi tambah berantakan, hehehe

- Kalo bunda bilang 'nyanyi cicak di dinding gmn dek?' pasti jawabannya 'hap' (suara cicak sedang menangkap nyamuk). Kalo lagu burung kaka tua? kata bunda, maka jawaban shishil 'tekdung... tekdung...' (tau kan maksudnya, hehehe)

- Sudah tau nama barang2 yang ada dirumah dengan menunjuk, mis. lampu, kipas, motor, piring, kaca, gelas, kasur, dll. Kalo bunda lagi jemur baju shishil pasti bilang 'dede' (maksudnya baju dedek shishil).

Scrapbook at WiddlyTinks.com

14 komentar:

Aishi Lely mengatakan...

semoga shishil cepet lancar yah bicaranya... :)

mommy-azki mengatakan...

Lucu banget Shishil, persis banget kelakuannya sama Azki :D moga cepat bisa lancar ngomongnya ya Shishil, biar bisa diskusi sama bunda :)

Motik mengatakan...

selamat ulbul shisil....
makin pinter dan sehat terus ya sayang... nanti kalo shisil udah cerewet bundanya pasti diajak ngobrol terus :)

Elsa mengatakan...

enak banget Mbak
di depan rumah ada TK
asyik bener ya
diikutin aja Mbak, sekolah TK langsung, tapi gak resmi gitu
ikut ikutan aja
hehehhee

kan asyik
jadi batita gaul
hehehe

BABY DIJA mengatakan...

wah wah Kak Shishil pinter banget deh
yuk nyanyi cicak sama aku

idana mengatakan...

selamat utk dedek Shishil...semoga jadi anak yang cerdas
sama kek ponakan saya, beberapa hari lagi dia genap 2 tahun...pas lagi lucu2nya, suka meniru apa saja

salam kenal yaa :)

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Wahhh...met ulang bulan ke 19 ya Shishil, makin pintar dan lucu yaa dan tentu makin bikin bundanya hepi, secara dah bisa disuruh-suruh, hehe..

Sehat2 dan tambah pintar selalu ya Shishil... Tuhan memberkatimu selalu ya nak...

Herien Kriestia mengatakan...

@ aishi lely : makasih tante... salam sayang ^^

@ mommy azki : wah azki mirip kayak gini ya kelakuannya?? apa anak menjelang 2 tahun spt ini ya tingkahnya, hehehe. Aminn makasih mom

@ Mama motik : makasih mam, iya nih dah ga sabar pengen denger celotehannya shishil, lawong sekarang aja kalo ngomong dikit2 aja bikin ngakak, heehehe

@ tante elsa : hihihi bisa aja tante, tapi emang shishil tiap hari ikutin kegiatan anak2 TK itu sih (tp cm kegiatan dilapangan aja, kalo dikelas mah ditutup pintunya, hehehe).

Herien Kriestia mengatakan...

@ baby dija : dija dah bisa nyanyi cicak ya... yukk nyanyi sm ka shishil. pengen ketemu jg nih sm dek dija cantik

@ idana : makasih dah mampir, iya nih lg lucu2nya, kan golden age, hehehe

@ Mama Allisa : makasih mam, iya nih bundanya senang bgt, punya assiten kecil dirumah, hahahaha. Makasih doanya mam, kiss kiss tuk ka Raja

Inda Bunda Farrel mengatakan...

wah.. shishil makin pinter aja nih.. Dah hapal lagu cicak2 didinding dek? Kalo udah, ntar kita nyanyi bareng yuuk..

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hehehe, walopun telat Zahia & Bunda teteup boleh ngucapin met ulbul kan Sayang?

Sama neh Mba, Zahia juga hobiiiii banget ngeluarin baju dari lemari. yang ada gw gempor ngeberesinnya :-(

Sehat selalu yah Sayang. Kapan2 nyanyi cicak bareng Zahia yuuukksss

Nia mengatakan...

met ulang bulan shishil...sabar aja mom, bentar lagi shishil udah bisa ngobrol sama mama hehehe.....

BunDit mengatakan...

Met Ulbul ya dedek Shishil. Udah pinter bantuin Bunda nih hehehe. Semoga selalu sehat dan makin pinter ya sayang. Kiss dari Dita :-)

entik mengatakan...

met ulbul shishil..
semoga tambah lancar ngomongnya.
salam kenal dari ikhsan ;)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...