Selasa, 02 November 2010

Insiden di tengah malam

Tadi malam ada kejadian yang kurang mengenakkan untuk kami sekeluarga. Entah kenapa shishil yang awalnya sudah tidur dari jam 9 malam, tiba2 bangun jam 12. Awalnya minta minum, tapi setelah itu bukannya tidur lagi [biasanya tidur sendiri] malah segar matanya dan ngajak bundanya main.

Bunda yang dasarnya sudah ngantuk berat, akhirnya ga terlalu semangat nemaninnya, malah ga lama ni mata merem sendiri, hehehe [padahal ga tidur loh]. Shishil masih dengan asyiknya bongkar2 laci lemari box dan nemu 1 kotak kassa yang langsung dibawa ke kasur. Mainan sendiri dikasur sambil sesekali colek2 bundanya [ayahnya mah dah ke pulau mimpi].

Lama ditunggu koq ya ga tidur2 juga, akhirnya bener2 bunda cuekin, nanti ngantuk juga tidur sendiri begitu pikiran bunda. Tapi koq ya makin ga tidur2, bunda khawatir jam tidurnya terganggu, ga pernah loh dia begini. Bisa2 besok bangunnya siang lagi, kasian kan ayah bundanya mo ngantor tapi ga sempat ketemu karna shishilnya masih tidur [aybun biasakan pamit terang2an ke shishil saat mo ngantor], juga shishil kalo pagi ga sempat nenen sampai puas biasanya seharian dia uring2an. Juga bunda ga mau besok2 jadi kebiasaan main saat bangun tengah malam yang biasanya cuma minum aja. Makanya bener2 bunda cuekin abis [tega ga sih?]sambil berharap shishil segera tidur [ayah bundanya juga jadi ga bisa tidur cuma merem aja tapi tetep terganggu].

Ga lama mulai uring2an juga dia minta nenen, bunda kasih tapi tetep masih mo main, akhirnya tuh nenen bunda cabut [berharap shishil ngerti kenapa bunda kesal]. Walaupun tau bundanya marah, tetep shishil maunya nenen sambil mainan. Karna tau bundanya nyuekin, mulai deh bangunin ayahnya [bukan minta minum/apa, tapi minta temenin mainan]. Agak lama deh insiden kecil ini terjadi, yang ujungnya shishil nangis karna keasyikan bermainnya bunda larang, tapi biasanya kalo dah nangis gini ga lama akan tidur kalo dikasih nenen. Alhamdulillah, tidur juga dia dan efeknya keliatan di pagi hari saat aybun bangun utk memulai aktifitas, masih ngantuk banget booo... shishil pun jadi susah dibangunkan pagi harinya... fiuuhhh...

Paginya setelah googling sana sini akhirnya bunda dapatkan beberapa opsi kenapa hal diatas bisa terjadi, antara lain :
1. Pola tidur orangtua yang memang seperti itu juga (tidur larut malam)
2. Faktor bawaan
3. Belum terbentuknya jam biologis
4. Menuntut perhatian orangtua

Dari beberapa faktor diatas, keliataannya yang cocok dengan shishil cuma yang terakhir. Bukan berarti aybun pulang kerja malam dan waktu bermain shishil dengan kami terbatas, ngga sama sekali. Kami sampai dirumah sekitar maghrib, setelah itu adalah jam bermain dengan shishil hingga dia pergi tidur [disela2 itu tentu ada makan malam]. Jadi bisa dibilang waktu bermainnya cukup panjang [ini menurut bunda], entah dipihak shishil apa waktu sekitar 3-4 jam ini cukup sebelum dia tidur dan pagi sebelum aybun ngantor.

Anggap aja memang shishil belum puas bermain dengan orangtuanya, maka saat terbangun tengah malam pun yang diingatnya bermain. Sungguh bukannya bunda melarang dia bermain, tapi bunda tak ingin waktu tidurnya terganggu, bunda pun tak ingin shishil merasa bahwa hal itu benar dan selanjutnya akan diulangi lagi.

Seperti yang diungkapkan Mira D. Amir, Psi. bahwa tega ga tega perilaku si kecil itu tidak bisa dibiarkan terus. Kalau setiap larut malam anak ingin bermain dan diladeni terus, maka akan terjadi suatu kondisi yang dalam bahasa psikologinya disebut sebagai reinforcement (penguatan). "Anak akan menganggapnya sebagai suatu pola yang dapat diterima. Dia bisa berpikir, 'Ah kalau besok aku bangun malam lagi dan minta main, pasti Papa mau nemenin. Kan asyik. Dengan kata lain anak akan terdorong untuk melakukan hal yang sama keesokan hari dan selanjutnya. Ini sebetulnya yang perlu dihindari".

Entah mommy, mama, bunda diluar sana apa pernah mengalami hal seperti ini juga ?? Dan apa yang dilakukan ?? Jujur aja bunda sebetulnya ga tega, tapi terpaksa bunda lakukan demi kebaikan shishil sendiri. Ngerasa bersalaaahhhh banget...

17 komentar:

Lidya mengatakan...

demi kebaikan kan bun,mudah2an itu jalan terbaik

Bunda Farras mengatakan...

wah shishil ngajak begadang yaa ... biasanya sih di cuekin adalah cara yang jitu .. cuma kasian juga yaa .. :(

Anonim mengatakan...

kasiann bunda..mang bener2 shisil mau di perhatiin tuhh ..
beda bangett ma revann..
kl dia mamanya pulang malah langsung bobo ampe pagii..kadang2 kesel juga ..mamanya masih kangen anaknya dah ngorok

mawardi mengatakan...

Saya juga pernah mengalami hal yang sama

mawardi mengatakan...

Begitulah salah satu pengalaman punya anak

Vicky Laurentina mengatakan...

Mbak Herien,
Saya belum punya anak, tapi saya ngerti bahwa Mbak melakukan hal yang benar.
Orang tua kadang-kadang tidak tega menolak permintaan anak, tapi ini upaya yang baik untuk mendidik anak akan disiplin. Sekarang mungkin dia akan mengamuk karena dipaksa tidur, tetapi besok-besok dia akan mampu hidup dengan jam biologis yang teratur. :-)

yadiebaroos mengatakan...

Kemaren putraku juga sering sperti itu, kalo dicuekin takutnya jatuh dari tempat tidur, makanya terpaksa diladeni meski hati dongkol.....

ibunyachusaeri mengatakan...

Sesekali memang anak suka gitu Bu... sabar aja, nanti juga kembali ke pola tidur biasanya :)

windflowers mengatakan...

hehehe...shishil kayanya emang gi pengen diperhatiin lebih sama bundanya...itu biasa terjadi koq bun..
tp demi kebaikan, bunda emang hrs tega biar menjadi kebiasaan yg membuat nyaman bagi shishil..:)

IbuDzakyFai mengatakan...

Samaaan, pernah juga Bunda.....ngeselin bgt karena sampai lama(beberapa bulan gitu)dan malam bgt tapi kok kesian juga dan akhirnya diturutin ajah dan kasih pengertian pelan2, sekarang dah gak gitu lagi kok.

Motik mengatakan...

shisil lagi kangen berat ya sama bunda.... cara ampuh emang biasanya dicuekin mbak salah satunya. smoga sih nggak kelamaan ya bund, mungkin kemarin shisil lagi kangen aja :)

Herien Kriestia mengatakan...

@ mba lidya : iya mba, alhamdulillah shishil ngerti...

@ bunda farras : iya nih bun ngajak begadang, tapi alhamdulillah sekarang dah ngga lagi :)

@ mama mila : iya ya, koq revand gampang bgt tidurnya, kalo shishil mah musti main dulu sm ortunya baru bisa tidur

@ mawardi : iya betul, punya anak byk bgt pengalaman yg berharga, makasih dah mampir

Herien Kriestia mengatakan...

@ mba vicky : makasih dukungannya mba, kan semua itu demi kebaikan si kecil sendiri ya. Tinggal gimana cara kita menerapkan disiplin itu utk anak

@ yadiebaroos : hehehe tetep dongkol ya nemeninnya, makanya drpd aku marah2 mending pura2 tidur aja, hehehe

@ ibu mas eri : iya sih ga setiap malam begitu, tapi tetep khawatir akan jd kebiasaan, alhamdulillah sekarang dah kembali spt biasa

@ tante diana : hehehe iya nih tante, shishil akhir2 ini lg manja bgt sm bundanya, tapi alhamdulillah setelah insiden malam itu, pola tidurnya dah kembali spt semula

Herien Kriestia mengatakan...

@ ibu dzaky fai : pernah juga ngalamin spt itu ya bu, iya bener ngeselin bgt, dah capek msh minta nemenin main lg, hehehe... alhamdulillah dah ga begitu lg ya, shishil jg dah ngga bu

@ mama motik : iya mam, lagi manja bgt akhir2 ini, pengennya nempeeelll aja sm bundanya, hehehe... kiss kiss tuk ka kyara ya mam

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Saya jg beberapa x ngalamin hal yg sama, bund, terakhir kali kejadiannya minggu lalu, raja bangun jam 2 pagi dan minta diputerin tv channel cbeebies..dooh!! Gak diijinin, doski ngamuk. Tp justru makin dia ngamuk, kmi makin gak nurutin kemauannya, krn tar bakal dipikirnya klo pengen sesuatu tinggal ngamuk aja maka keinginannya bakal diturutin.

So, u're already on the right track kok mbak ;)

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hihihi begadang yah Mba? kalo gw juga gituh, kalo pas Zahia bangun tengah malem langsung dicuekin ajah. So far seh ga pernah ngajak maen sampe lama banget.

Keras untuk kebaikan anak gpp ko mBa :-)

Herien Kriestia mengatakan...

@ mama raja : wah pernah ngalamin kejadian yg sama ya mam.. iya bener, ga boleh terlalu nurutin kemauan anak ya, khawatir jadi kebiasaan, tinggal ngamuk aja trus keinginan akan tercapai...

@ bunda zahia : hehehe sama sih bun, aku jg cuekin shishil, sampe akhirnya nangin trus tidur sendiri, hehehe

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...