Rabu, 30 Maret 2011

Shishil 23 bulan

Wah kelewat lagi nih preview perkembangannya shishil diusia 23 bulannya ini. Padahal banyak banget perkembangannya yang kadang bikin ayah bunda gemes liat dia. Nih coba bunda buat rinciannya :

1. Sudah lancar memanggil bunda dengan sebutan 'nda'. Ga ketukar lagi dengan ayah (cuma ayah nih yang dipanggil lengkap sama shishil). Mudah-mudahan sebentar lagi dah lancar bilang bunda :)

2. Sudah mulai jelas kata-kata yang diucapin dan makin banyak aja kosakatanya. Ini nih yang lagi pesat banget berkembang, kalo dulu susah ngucapin akhiran sekarang dah mulai bisa. Seperti kata 'ikan', dulu bilangnya cuma 'ka' (huruf depan hilang dan huruf terakhir susah diucapin), tapi sekarang dah bisa bilang 'kan' (biarpun blm lengkap, tapi dah jelaslah kalo yg dimaksud ikan, hehehe).

3. Sudah pintar ngadu. Kalo misal hari itu dia jatuh, pasti pas bunda pulang langsung ngadu bilang 'atoh... ayi... atit...' (baca : jatuh... (karna) lari... sakit...). Yang ini mba esti yang ajarin, tiap jatuh pasti mba esti bilang 'ntar bilang bunda ya, tadi cicil jatuh'. Makanya sekarang kerjaannya ngaduuu mulu, ga cuma jatuh aja yg diaduin, yang lain juga, misal kepalanya kepentok tembok, pasti dia bilang 'entok..'

4. Sudah pintar nyuruh-nyuruh. Seperti waktu pulang kampung kemarin, si ayah disuruh berdiri sementara dia mau duduk sendiri (aybun cm beli kursi yang 2 seat aja). Begitu juga waktu ke sudirman naik busway kemarin, karna bunda bawa anak otomatis dikasih tempat duduk di buswaynya. Tiba2 shishil rusuh mau duduk sendiri 'dudu.. dudu..' trus bunda tanya 'bunda duduk dimana?' eh dia malah nunjuk2 ke atas (dia nunjuk pegangan atas yg utk penumpang yg berdiri, dg kata lain shishil nyuruh bunda berdiri, arrgghhh).

5. Sudah mulai berjalan lancar toilet trainingnya, walaupun belum 100% sempurna. Cuma shishil sudah ngerti kalo bunda bilang 'pipis yuk' maka dia ga pake berontak2 spt dulu. Malah kadang dia yang kasih tanda ke bunda / mba esti dg pegang celana sambil bilang 'pipis pipis' dan begitu bunda bawa ke kamar mandi baru deh pipis. Dulu kan bilang pipis berbarengan dengan keluarnya pipis, hehehe. Tapi pernah bunda coba beberapa kali ga pakein diapers saat malam (pake diapersnya cm malam hari aja), dan bunda tatur dulu sebelum bobo, alhamdulillah kering smp pagi, tapi harus cepet2 dibawa ke kamar mandi pas bangun, telat sedikit bisa banjir deh kasur. Kalo untuk pup masih agak susah nih, kadang dia bilang 'ee' begitu sudah keluar. Mudah2an ga lama lagi lulus toilet trainingnya ya sayang.

6. Kuantitas nene (baca : nenen) sudah jauh berkurang. Kalo dulu dari mulai buka mata (bangun tidur) langsung deh nene sampe menjelang dititipin ke mba esti. Tapi sekarang ga ribut2 lagi minta nene, bahkan kadang baru sore hari pas bunda pulang kerja baru nene. Itupun ga lama, paling cuma 15 - 20 menit aja, abis itu main deh. Kalo ditengah main dia minta nene, tinggal diajak bercanda, langsung lupa deh nenenya. Tapi ritual yang ga boleh ditinggal adalah nene sebelum tidur, ga bakal bisa tidur dia kalo ga sambil nene. Mudah2an ga lama lagi bisa disapih dengan cinta ya nak...

7. Dirumah shishil punya poster bergambar, ada gambar hewan sampe buah-buahan. Sudah makin banyak hewan dan buah yang ditunjuk dengan benar oleh shishil. Diantaranya : sapi, kuda, singa, ikan, kucing, ayam, bebek, pisang, apel, semangka, pepaya, jeruk, dll. Kadang juga dia berlagak seperti bu guru, tiba2 bilang 'nda.. nda.. ninih eom (baca : ini nih kucing), ninih capi (baca : ini nih sapi), ninih bebe (baca : ini nih bebek)... dst'. Sampe semua yang dia tau ditunjukin. Bunda dan ayah cuma senyum dan bilang pintarrrr....

8. Lagi senang nyanyi. Dah beberapa lagu yang dihafalnya, tentu dengan kata2 versi dia sendiri, hehehe. Diantaranya lagu satu satu aku sayang ibu (ehh itu judul lagunya apa ya?), potong bebek angsa, pelangi-pelangi (ini jg judulnya apa ya?). Makanya ga heran tiap kali naik odong-odong pasti suara shishil yang paling keras, ceritanya ngikutin lagu yg biasanya mengiringi odong-odongnya, hehehe.

9. Alhamdulillah makin gede shishil makin gampang dibilangin. Ga pake ngambek. Ada kalanya sih dia ngambek kalo kemauannya ga dituruti, tapi setelah diajak ngomong baik oleh ayah / bunda dan dikasih penjelasan, alhamdulillah dia ngerti. Dan ga ngambek lagi.

10. Untuk urusan makan alhamdulillah masih gampang, ga nolak dimasakin apa aja, kalo bosan sm dimasak ayah / bunda, biasanya dia milih makan dengan kecap aja, hehehe. Lumayan irit deh jadinya. :)

11. Lagi senang nonton Spongebob Squarepants, tiap pagi dan sore jatahnya dia nonton Spongebob. Tapi tetep sih kalo hari libur tontonannya CD Elmo, Strawberry Shortcake, Jalan Sesama atau Brainy baby nya. Ohya ga tau kenapa dia juga lagi senang nonton Sketsa dan Opera Van Java. Kayaknya tontonan yang ini sih kebawa si ayah deh. Ketawa-tawa dia liat Sketsa / OVJ, ga tau ngerti apa ngga, hehehe... Tapi tetep sih kalo ada adegan kekerasannya langsung diganti.

Ahh... kayaknya sekian dulu deh, review perkembangannya shishil di 23 bulan kemarin (25 Maret 2011). Ga terasa sebentar lagi tiup lilin lagi.

Ohya kemarin ceritanya si bunda lagi iseng dandanin shishil spt anak cowok, pake selana jeans pendek, dipadu dg t-shirt, lucu juga keliatannya. Nih dia penampakannya

18 komentar:

lidya mengatakan...

sebentar lagi ultah ya. makin pintar aja

Arman mengatakan...

shishil pinter yaaa... :)
wah sebulan lagi udah mau 2 th nih.... :D

Aishi Lely mengatakan...

sudah besarrrrr hehehe toilet training memang paling susah yah,tapi kakakku sukses loh anak terkecil 19 bulan dah ee di WC hihihi tapi dihadapannya dikasi bak air dan bermacam mainan warna-warni jd sambil jongkok ee dia main2 :D

Allisa Yustica Krones mengatakan...

Aiiihhh...Shishil dah gede banget keliatannya di fotonya, Bun. Gak terasa ya, bentar lagi ultah ke dua deh..

Ayo, bun, terus semangat buat toilet training dan penyapihannya, aku juga masih terus berusaha supaya keduanya bisa lulus 100% :D

puteriamirillis mengatakan...

aih subhanalloh anak bunda makin pinter...cuma beda sebulanan ya mbak dengan azkiya, kalo kia 19 mei,,,2th...
semoga lancar ya menyapihnya...
kia masih pake popok kain nih,,,abis kalo ga gitu masih bececeran

Bunda Farras mengatakan...

met ulbul shishil tambah pinter nih ngomongnya .. sehat terus ya cantik .. :)

Bibi Titi Teliti mengatakan...

whuaaaaaa....
pinternya Shishiiiiil...
*gemes...gemes..gemes...*

Fathir mah ngomongnya masih parah banget nih Bun...asli bahasa planet...tapi kalo aku gak ngerti malah marah marah...hihihi...

Toilet Training...aku masih belum memiliki ketegaran hati buat jalanin nya nih Bun...hihihi...lagi mempersiapkan kesabaran ekstra dulu...hihihi...*lebay*

Tapi emang sih...Kayla dulu juga lebih cerewet..usia 2 tahun udah lumayan lancar...mungkin perempuan emang pada dasarnya lebih bawel kali yaaa...hihihi...

Penulis Content mengatakan...

Sudah besar shishil ya sekarang, anaknya diajarin nulis biar pinter kayak mami n papinya heheheee....
Semoga jadi anak ya sholehah amin...
Salam kenal dan terima kasih.

primeedges mengatakan...

Banyak pasangan yang bilang punya balita itu "capek" terutama fisik,bahkan Mama juga bilang, yah sangat melelahkan... tapi semua hal pasti ada negatif dan positifnya, seperti kata Mbak, banyak hal yang dirasakan dengan perkembangan Shisil, well, itu seperti obat rasa sakit dan lelah yang didapat: kepuasan dan kebahagiaan.

segokrawu mengatakan...

senangnya mengikuti perkembangan anak...
he3 ayah bunda nya disuruh2, kasihan dek bundanya kok disuruh berdiri di busway...
salam hangat mbak :)

IbuDzakyFai mengatakan...

Tetep kliatan ceweknya walo didandanin co .....manis soale wahjahnya shishil.

irvan mengatakan...

Gyaaa... Shisil mirip sepupu sayah yg umurnya gak jauh. Lucuu... :D

ibunyachusaeri mengatakan...

Mohon maaf mba, Spongebob menurutku kurang bgs deh buat anak2, aga kasar, coba deh nonton bareng sm Shishil, Eri udah ga aku ksh nonton ini, makin pintar yah Shishil sayang, Love U :)

advertiyha mengatakan...

Horeeeeeeeeeeee... shisil makin pinter.. :) nanti ajarin adek di perut tante ya sayang.. :)

udah gede ya bun.. seneng bgt pastinya, nanti ultah ke 2 undang tante dong... hehe

Bundit mengatakan...

Wah, sebulan lagi tiup lilin angka 2 deh. Semoga lekas lulus 100% TT nya ya. Selal sehat dan makin pinter ya Shishil. Kiss dari Dita :-)

Nia mengatakan...

wah bentar lagi 2 tahun nech shishil.....udah tambah pinter yachh.....berarti udah siap2 punya adek nech heheheh.....

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hihihi ga kerasa yah Bun bentar lagi Shishil mo tiup lilin yang ke-2. Wah ga lama lagi AyBunnya dapet mantu neh. Sok atuh buru2 pesen kebaya :-)

Hebat Shishil toilet trainingnya dah sukses. Zahia mah belom, secara emaknya pemalesan tingkat tinggi :-(

nh18 mengatakan...

Semoga Shishil sehat-sehat ...
makin pintar ...

salam saya

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...